Thursday, November 24, 2011

RANGKUMAN MATERI PERTEMUAN MINGGU KE 5

PERALATAN INPUT.

Peralatan komputer adalah peralatan yang kita gunakan untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer.
·         Alat input langsung :
1.      Keyboard
Dapat berfungsi memasukan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna), untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard computer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christoper Latham pada tahun 1868. Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan Remington. Keyboard yang digunakan sekarang adalah jenis Qwerty, pada tahun 1973 keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO. Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.
Jenis-jenisnya :
a.       Qwerty, memiliki 4 bag. Yaitu : typewriter key (alphabet, back space, caps lock, delete, esc, end, enter, home, insert, page up, page down, tab), numeric key (angka jika lampu indicator num lock menyala & arrow key jika lampu indicator num lock mati), function key (F1-F12), special function key (CTRL, Shift, Alt).
b.      Dvorak
c.       Klockenberg
2.      Pointing device, contoh : mouse (untuk mengatur posisi cursor di layer), light pen (menyentuhnya bukan dengan tangan tapi dengan pulen khusus), digitizer graphic tablet (untuk membuat grafik atau gambar), touch screen (layar sentuh)
3.      Scanner (sebuah alat yang berfungsi untuk mengcopy sesuatu kemudian disimpan ke memory computer → harddisk / floppydisk), contoh : MICR, magnetic strip, optical data reader (OCR reader, OCR tag reader, barcode (berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka., OMR reader)
4.      Sensor (alat yang mampu secara langsung menangkap data kejadian fisik, data analog dikumpulkan oleh alat sensor dan dimasukan ke pengubah analog to digital converter yang betikutnya akan diproses oleh komputer, contoh : digitizing camera, mata di computer)
5.      Voice Recognizer atau speech recognizer
·      Alat Input Tidak Langsung :
1.      Key to Card
Salah satu alat memasukan data yang paling tua. Alat ini memungkinkan operator memasukan data yang akan dipindahkan terlebih dahulu ke dalam bentuk media kartu prolog atau kartu pon
2.      Key to Tape
Alat ini memungkinkan operator untuk merekamkan data ke media simpanan luar pita magnetic terlebih dahulu sebelum diproses ke CPU.
3.      Key to Disk
Seperti key to card atau key to tape , maka key to disk memungkinkan operator untuk merekamkan data terlebih dahulu ke media simpananan luar, dalam hal ini adalah disk magnetic, media penyimpanan dalam bentuk 3.5 inch floppydisk dan compact disk. Data yang tersimpan di diskette atau CD, kemudian dapat dibacakan ke computer untuk diproses oleh CPU melalui alat penggerak disk (disk drive ). Dengan semakin murahnya computer mikro, sekarang sebagai pengganti alat key to disk dapat dipergunakan computer mikro.

No comments:

Post a Comment