Tuesday, November 29, 2011

RANGKUMAN MATERI PERTEMUAN KE 6

PERALATAN OUTPUT
Output  yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 3 bentuk tulisan (huruf, kata, angka, karakter dan  simbol- simbol khusus), image (grafik atau gambar) maupun suara (musik atau omongan). Hasil akhir dari semua pemrosesan komputer berbentuk output.
·        Alat Output Tampilan
Alat output yang paling populer bagi pemakai adalah layar tampilan (display screen), juga disebut sebagai monitor, cathode ray tube (CRT), atau video display terminal (VDT).  Layar tampilan digunakan oleh semua ukuran komputer dan hampir selalu disertai keyboard.

·        Alat Output Cetakan
Kelemahan utama layar tampilan adalah ketidakmampuannya untuk menghasilkan salinan kertas atau hard copy dari output.  Salinan kertas merupakan pilihan atau bahkan keharusan jika :
o   Informasi harus dikirim melalui pos (misalnya faktur atau tagihan yang harus diposkan kepada pelanggan)
o   Catatan historis diperlukan (daftar cek gaji bulanan)
o   Jumlah output relatif banyak (seperti laporan manajemen yang panjangnya beberapa halaman) atau
o   Beberapa orang harus menggunakan informasi yang sama pada waktu yang sama. (seperti dalam konferensi)

       Alat output yang disebut printer menghasilkan output salinan kertas.  Ada 3 jenis printer :
          ·         Line Printer
          ·         Character Printer
          ·         Page printer

      ·        Alat Output Suara
Meskipun input suara berkembang lambat, output komputer bersuara telah cukup lama digunakan.  Speech output unit, atau audio response unit, dapat memilih serangkaian suara digital untuk membentuk output komputr bersuar yang dpat langsung ditransmisikan atau melalui suatu saluran komunikasi.  Jika anda memencet sebuah nomor telepon dan menerima pesan, pesan tersebut dihasilkan oleh alatoutput suara (speech output device).

o   Plotter
o   Microform
o   Output Grafik

Alat keluaran juga dapat berbentuk
·         Hard copy device
Merupakan alat keluaran yg digunakan untuk mencetak tulisan, grafik atau gambar pada media pencetak. Alat hard copy device yang umum dipergunakan adalah  printer. Jenis-jenis printer meliputi dot matrix,  inkjet printer dan laser. Selain itu juga dikenal  Plotter, alat cetak yang mempunyai kemampuan mencetak grafik atau gambar dengan baik, biasanya menggunakan pen plotter
·         Soft Copy Device

Merupakan alat yg digunakan untuk menampilkan tulisan, image dan suara pada media soft (lunak) yg berupa sinyal elektronik. Contoh soft copy device adalah video display (monitor), flat panel display (Liquid Crystal Dispaly), dan speaker.
·         Alat Simpanan Luar
Main memory di dalam alat pemroses merupakan simpanan yg kapasitasnya tidak begitu besar dan umumnya bersifat Volatile (Volatile : informasi yg dikandungnya akan hilang bila aliran listrik terputus).
Selain itu terdapat juga Direct Access Storage Device (DASD) (Merupakan alat penyimpan pengaksesan langsung), contohnya floppy disk, harddisk, dan removable disk.

    Jenis Printer dan Cara Kerjanya

Printer dan plotter adalah jenis hard-copy device, karena keluaran hasil proses dicetak di atas kertas. Printer memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak. Ukuran kertas yang dapat digunakan pun beragam. Tetapi, untuk mencetak di atas kertas dengan ukuran yang sangat besar, digunakan plotter. Jenis printer:

1.Dot matrix printer : printer yang menggunakan susunan pin yang akan menekan ribbon keatas kertas.
                                  
2.Ink Jet Printer :bekerja dengan menyemprotkantinta ke kertas sesuai dengan kadarnya
                                                                                            
3.Laser Printer: gabungan teknologi laser dengan fotocopy, output digital dari komputer akan diubahmenjadi pulsa sinar laser. Bayangan yang ditangkap di drum akan dikirim kekertas dengan proses seperti mesin fotocopy
       


No comments:

Post a Comment